PERBEDAAN KURMA BASAH DAN KURMA KERING , MANA YG LEBIH BERNUTRISI ?

PERBEDAAN KURMA BASAH DAN KURMA KERING , MANA YG LEBIH BERNUTRISI ?

FAKTA MENARIK PERBEDAAN KURMA KERING DAN KURMA BASAH

Kurma segar tersedia dalam tekstur yang lunak maupun kering.  Selain dari segi tekstur yang berbeda, kurma segar biasanya bertahan hingga 8 bulan hingga 1 tahun jika disimpan dalam kulkas atau freezer. Berbeda dengan kurma yang dikeringkan yang bisa tahan hingga 1 tahun jika disimpan dalam wadah kedap udara dan tahan selama 5 tahun jika disimpan di dalam frezeer.

Berdasarkan kandungan kalori, kurma kering memiliki kalori yang lebih tinggi.

Sekitar 100 gram kurma yang dikeringkan mengandung 284 kalori sedangkan kurma segar mengandung 142 kalori. Jika Anda sedang dalam program menurunkan berat badan ( diet sehat ), maka sebaiknya pilih kurma segar yang punya kalori lebih rendah.

Kandungan makronutrien pada kurma yang dikeringkan dengan kurma segar juga berbeda.

Makronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar, seperti protein, lemak, dan karbihidrat. Kandungan karbohidrat dan serat pada kurma kering jauh lebih besar dibanding kurma segar.

Dalam 100 gram kurma segar mengandung 1, 7 gram protein, 1 gram lemak, 37 gram karbohidrat, dan 3,5 gram serat.

Sementara kurma yang dikeringkan dalam ukuran yang sama, mengandung 2,8 gram protein, 0,6 gram lemak, 76 gram karbohidrat, dan 5 gram serat.

INI 5 TAHAPAN METAMORFOSA BUAH KURMA SEBELUM MENJADI KURMA KERING :

  • HABABOUK ( Calon Kurma Baru )

Hababouk adalah proses awal tumbuhnya buah kurma, para petani kurma harus benar benar memastikan bahwa proses penyerbukan berjalan sempurna sehingga menghasilkan benih  buah kurma baru, dimana calon buah kurma baru biasanya berbentuk bulat kecil menyerupai kelereng .

  • KIMRI ( Buah Kurma yg Masih Berwarna Kehijauan )

Kimri merupakan proses kedua dalam metamorfosa buah kurma, kimri sudah membentuk badan kurma ,dimana warna calon buah kurma ini sudah memiliki warna kehijauan,namun kimri  belum bisa dikonsumsi, dikarenakan rasanya yg masih pahit dan sepat .

  • KHALAL ( Kurma Mentah dan Berwarna Kekuningan )

Khalal merupakan proses ketiga dalam metamorfosa buah kurma, dalam fase khalal ini buah kurma sudah memiliki bentuk buah yg sempurna, saat berada di fase khalal buah kurma memiliki warna kekuningan hingga berwarna merah . Bisakah khalal ini dikonsumsi? Jawabannya adalah ya.. memang sudah bisa dikonsumsi , rasanya pun crunchy . Namun di fase khalal ini buah kurma tidak  bisa bertahan lama bahkan bisa mengalami fermentasi .

  • RUTHOB ( Buah Kurma Berubah Menjadi Kecoklatan )

Ruthob merupakan proses ke empat dalam metamorfosa buah kurma, dalam fase ruthob ini warna kurma telah berubah menjadi kecoklatan, tentu ia sudah siap dikonsumsi , namun dengan tetap memperhatikan media penyimpanan kurma ruthob ya, jika tidak tepat ia akan mengalami fermentasi dan rasanya berubah menjadi asam .

  • TAMR ( Kurma Kering )

Tamr merupakan proses terakhir dari metamorfosa buah kurma, dimana tamr sudah bisa kita konsumsi bahkan bisa kita kreasikan menjadi menu olahan kurma yg lainnya, Tamr memiliki bentuk fisik dan kandungan nutrisi yg sempurna , rasanya pun manis dan dapat bertahan lebih lama. Mengapa?  Karena tamr sudah memasuki fase dimana ia berubah menjadi kurma kering, dan kandungan air dalam buah kurma juga menurun, jika kadar air sudah menurun maka kandungan gula alami dalam buah kurma akan meningkat ,oleh karena itu tak jarang kita mengkonsumsi kurma dengan rasa manis yg sangat legit .

Beragam jenis kurma yg anda konsumsi baik dari jenis kurma kering dan kurma basah , memiliki nutrisi yg baik untuk kesehatan tubuh . mengkonsumsi kurma dalam jumlah yg tidak berlebihan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh tubuh baik dari kandungan antioksidan ,serat , kalsium maupun magnesium .

Yg dapat menambah daya imunitas tubuh , menjaga kesehatan pencernaan serta menguatkan tulang dan gigi , jadikan kurma sebagai nutrisi harian keluarga , agar hidup semakin berkah dan sehat dengan mengikuti sunnah nabi  Muhammad SAW .

# KURMA NUTRISI HARIANMU

Dapatkan beragam produk KURMA pilihan sebagai nutrisi kesehatan untuk keluarga tercinta melalui :

Website @ www.pusatkurma.com

Fb & Ig @ Lawangagung_pusatkurma

No CS Lawang Agung

LAWANG AGUNG NYAMPLUNGAN

Jl Nyamplungan No 75 Surabaya | 0822-5723-7231

LAWANG AGUNG GAYUNGSARI

Jl Gayungsari Barat X/45 Surabaya | 0821-3939-5290

LAWANG AGUNG SIDOARJO

Jl Mojopahit No 11 Sidoarjo | 0821-3909-1395

LAWANG AGUNG MALANG

Jl Soekarno Hatta No 45 Malang | 0822-4524-7473

Dipersembahkan Oleh :

Lawang Agung Pusat Kurma Terlengkap & Oleh Oleh Haji/Umrah