MEWUJUDKAN ANAK MENCINTAI AL-QURAN SEJAK DINI

MEWUJUDKAN ANAK MENCINTAI AL-QURAN SEJAK DINI

Al – Qur’an merupakan kitablullah yg penuh kemuliaan. ,secara istimewa diberikan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw . Al – Qur’an merupakan mushaf yg berisi pedoman dan pentunjuk syariat islam yg akan Terjaga hingga hari kiamat dan membawa siapapun yg mengimani dan mengamalkannya dalam jalan kebaikan menuju surga Allah Swt .

Semangat membaca Al-Quran (img : google)

Tahukah Anda ? Al – Qur’an memiliki fadhilah dan keutamaan yg besar bagi siapapun yg mengimani, membaca, serta menghafalnya ,sperti yg telah disebutkan dalam hadits Sabda Nabi Muhammad saw :

“Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)

“Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim)

Oleh karena nya , mari kita tingkatkan niat dan kesungguhan kita dalam mencintai Al – Quran yg mulia, tidak ada batasan usia bagi siapapun untuk mempelajari nya . Termasuk suatu kewajiban bagi kita memberikan pembelajaran bagi anak cucu kita supaya menjadi GENERASI MUDA CINTA QUR’AN Sejak Dini,  yg akan membawa syafaat bagi kedua orang tua dan keluarganya di akhirat kelak .

Masya Allah..  Tentu siapapun punya keinginan untuk mewujudkan cita cita mulia yg satu ini, Penasaran ? APA SAJA TIPS BUAH HATI CINTA QUR’AN SEJAK DINI ?

Yuk simak infromasi lengkapnya di bawah ini..

TIPS AGAR BUAH HATI  CINTA AL QUR’AN SEJAK DINI

  1. MENGENALKAN  AL QUR’AN SAAT DALAM KANDUNGAN

Anak anak merupakan amanah dari allah dimana allah menyempurnakan penciptaanya salah satunya dengan Otak dan alat pendengaran , Istimewanya adalah..

Seorang anak memiliki satu kemampuan yakni memiliki daya ingat yg akan terus merekam setiap moment baik saat ia berada didalam kandungan ibu hingga dewasa , dan rekaman – rekaman itulah bagian proses pembentukan buah hati .

Membentuk buah hati yg cinta qur’an, bisa dimulai dengan mengenalkan  al qur’an kepadanya sejak ia masih berada di dalam kandungan, dengan cara apa saja ? :

  • Memperdengarkan Murrotal Al qur’an
  • Mengusap rahim dengan membacakan ayat al qur’an
  • Membacakan al qur’an setiap sholat 5 waktu  kepada si calon buah hati
  • Memperbanyak membaca Al qur’an terutama surat Maryam & Yusuf
  • Bahkan hal ini bisa terus diulang pada masa menyusui

Beberapa point di atas memiliki dampak yg sangat positif bagi bush hati, mulai dari Mencerdaskan otak , Menajamkan daya tangkap dan konsentrasi ,serta memiliki intelegensi yglebih unggul .

  1. MEMBERIKAN TAULADAN YG BAIK KEPADA ANAK

Peran orang tua terhadap memiliki dampak yg paling luar biasa bagi anak terutama dalam penanaman aqidah, pembentukan karakter anak hingga keberhasilan dalam mewujudkan generasi cinta qur’ani .

Mengajarkan Anak untuk Belajar Al-Quran sejak dini (img : dream.co.id)

Seorang anak merupakan peniru handal kedua orang tuanya, oleh karenanya peran orang tua dalam menauladankan sikap cinta al qur’an sangat dibutuhkan , dimulai dengan cara sederhana yg mudah diikuti oleh sang anak seperti :

  • Memuliakan al qur’an dengan menempatkannya di tempat yg mulia
  • Membawa al qur’an dengan rasa hormat dan mulia
  • Tidak meletakkan Al qur’an di lantai
  • Tidak meletakkan barang di atas al qur’an
  • Membaca Aqur’an setiap selesai sholat 5 waktu
  • Menuntun anak untuk mulai membaca dan menghafal surat pendek
  • Saling mengingatkan dalam menghafal al qur’an
  • Mengamalkan sikap yg diajarkan oleh al qur’an
  • Memberikan solusi permasalahan dengan ayat al qur’an
  • Menceritakan kisah kisah al qur’an dengan bahaya yg komunikatif
  • Menjelaskan keutaman & keistimewaaan bagi yg cinta yg al qur’an
  • Memberikan semangat  apresiasi terhadap prestasi anak

Beberapa cara sederhana di atas mampu meningkatkan rasa hormat anak terhadap al qur’an, meningkatkan kepekaannya terhadap al qur’an dan meningkatkan intensitas anak untuk berinteraksi dengan al qur’an .

  1. MENJADIKAN QUR’AN SEBAGAI TEMAN DALAM KESEHARIAN

Di era digital , anak anak sudah mengenal gawai atau gadget dengan berbagai tujuan yg berbeda beda, ada yg dpergunakan untuk belajar online, media komunikasi, hingga sebagai media gaming saja .

Yuk ayah dan bunda, mulai kenalkan budaya cinta al qur’an dengan merubah kebiasaan anak dengan sesuatu yg lebih positif, bukan hanya sebagai media untuk bermain game namun gadget juga bisa digunakan dengan tujuan yg lebih bermanfaat, sperti media belajar huruf hijaiyah,belajar tajwid, mendownload murrotal al qur’an dari qari’ favorit atau memanfaatkan tekonologi gadget dalam berlomba menghafal al qur’an secara online .

Selain itu, keistimewaan al qur’an yg mampu menyejukkan hati mampu dijadikan sebagai sahabat sehari hari dikala anak bersedih denganberbagai hikmah atau pedoman dalam al qur’an, juga disaat bahagia agar anak terbiasa untuk selalu terpaut dengan al qur’an sebagai bentuk ibadah mendekatkan diri kepada Allah SWT .

Membiasakan anak untuk membawa juz amma di dalam tas sekolah, menuntun anak menghafal surat surat pendek bersama orang tua, teman , dengan suasana yg menyenangkan, akan meningkatkan rasa kenyamanan dan cinta al qur’n dalam hati anak secara alami tanpa rasa terintimidasi .

Itulah 3 step awal bagi anda yg ingin mewujudkan impian memiliki generasi qur’ani sejak dini, 3 core ini harus dilakukan secara terus menerus untuk membentuk pola kebiasaan baru bagi anak dan orang tua mewujudkan cita cita ukhrowi yg sesuai ajaran syriat namun tetap menyenangkan yaa..

Memang melakukan step by step tidaklah mudah, Namun Allah sangat senang dengan hamba hambanya yg mau berusaha untuk menuntun keluarganya menuju jalan yg diridhoi oleh Allah SWT . Insyaallah Dimudahkan ya ayah bunda..

Semoga Bermanfaat..

img : kompasiana.com

Tinggalkan Balasan