INI ALASAN MAKAN KURMA SAJA CUKUP SAAT BUKA PUASA

INI ALASAN MAKAN KURMA SAJA CUKUP SAAT BUKA PUASA

Makan kurma sebanyak tiga butir dan segelas air mineral sudah cukup untuk kita berbuka puasa. Sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW ini sangat sederhana dan mudah kita laksanakan dalam kegiatan sehari-hari selama bulan Ramadhan.Keistimewaan berbuka puasa dengan buah kurma ini juga dijelaskan oleh ustadz kondang nasional, Ustadz Hanan Attaki. Dia mengatakan bahwa cara Nabi Muhammad berbuka puasa memang bukan wajib untuk kita tiru, namun diharapkan menjadi motivasi dan kebiasaan kita saat berbuka puasa dengan cara yang sederhana namun selalu mengutakan Kesehatan.

 “Nabi kalua berbuka suka dengan ruthob, kurma basah (kurma muda), makanan yang Allah kasih kepada Maryam ketika baru melahirkan.” Kata Ustadz Hanan Attaki

Jika tidak tersedia kurma basah, kita bisa menggantinya dengan kurma kering. Namun, apabila tidak menemukan keduanya, berbuka dengan air putih sudah cukup.

“Ini menunjukkan berbuka puasa Nabi sehat, sederhana tapi berbahagia.” Katanya

Kurma adalah buah yang memiliki nutrisi yang baik bagi Kesehatan. Khususnya untuk mengganti tenaga dengan cepat setelah lebih dari 12 jam kita berpuasa. Ini 3 alasan kenapa makan kurma saja sudah cukup kita berbuka puasa.

  1. Kaya Serat

Dalam 100 gram kurma membantu memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 7 gram. The American Institute of Medicine merekomendasikan pria mengonsumsi 39 gram sehari dan wanita 25 gram sehari. Sisanya bisa didapat dari buah dan sayur lainnya.

Serat yang ditemukan dalam kurma dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah. Selain itu, kurma juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga kadar gula tidak akan meningkat tajam saat dikonsumsi.

  • Sumber Gula Alami

Kurma merupakan sumber fruktosa, yang merupakan gula alami yang biasa ditemukan dalam buah-buahan. Gula alami lebih sehat daripada gula olahan pabrik. Karena itu, yang terbaik adalah menggunakannya untuk kesehatan.

Namun perlu diperhatikan bahwa kandungan kalori jujube juga sangat tinggi, sekitar 277 kalori per 100 gram konsumsi. Sebaiknya jangan konsumsi berlebihan sesuai kebutuhan.

  •  Nutrisi Alami

 Sebagian besar nutrisi dalam kurma adalah karbohidrat dan sebagian kecil protein. Oleh karena itu, kurma adalah makanan yang ideal untuk pengisian energi yang cepat. Meski memiliki rasa manis dan kandungan karbohidrat yang tinggi, kurma, terutama kurma kering, juga memiliki vitamin dan mineral penting. Menurut Health Line, 100 gram kurma mengandung karbohidrat, protein, kalium, magnesium, mangan, zat besi, dan vitamin B6. Selain itu, kandungan antioksidan pada kurma juga tinggi yang membantu menjaga kesehatan tubuh