You are currently viewing CARA SIMPAN KURMA AGAR TIDAK JAMURAN DAN BERKUTU

CARA SIMPAN KURMA AGAR TIDAK JAMURAN DAN BERKUTU

                Lawang Agung – Ini cara menyimpan kurma supaya awet. Jangan sampai berkutu dan berjamur. Begini 3 cara tepat menyimpan kurma yang sangat mudah dan membantu kita semua.

                Kurma menjadi nutrisi harian kita biasanya jadi primadona. Seringkali orang membeli buah kurma dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan keluarga dirumah.

                Tak hanya di bulan ramadhan saja, kurma bis akita konsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi kondisi pandemi covid-19 yang perlu meningkatkan nutrisi tubuh, kurma bisa menjadi rujukan utama untuk meningkatkan nutrisi dan daya tahan tubuh kita.

                Kurma pada dasarnya termasuk buah yang sangat kuat untuk disimpan dalam jangka Panjang. Ada yang kuat disimpan selama 3-6 bulan, bahkan satu tahun setelah dibuka kemasannya.

Nah, bagaimana kita menyimpan kurma agar tidak jamuran dan berkutu? Disimak yaa..

  1. KETAHUI JENIS KURMA

                Kurma memiliki banyak variasa bentuk, rasa dan warna. Ada tiga jenis kurma yakni, kurma basah, kurma kering dan setengah matang. Kurma jenis kering seperti ajwa, medjol, khalas, lulu dan sebagainya. Sementara untuk kurma basah seperti kurma sukari, dan kurma bam (anggur).

                Kurma kering dapat kita simpan sampai satu tahun lebih. Tergantung expired di kemasan dan cara kita menyimpannya. Sedangkan, kurma basah biasanya tidak seawet kurma jenis kering apalagi jika disimpan di suhu ruangan. Lebih baik disimpan kedalam lemari pendingin yang sejuk agar awet.

Kurma yang salah penyimpanan (berkutu & jamur)

                Jenis yang terakhir adalah kurma mentah/setengah matang yang kita lihat seperti kurma muda (ruthob) warna merah, kuning dan hijau. Ini sudah bisa dipastikan maksimal sampai dengan 1 pekan saja didalam lemari pendingin, kecuali freezer mungkin bisa bertahan 1 bulanan.

  • GUNAKAN WADAH TERTUTUP

                Menyimpan kurma baik di suhu ruang ataupun di lemari es, juga baik kurma jenis kering atau basah, sebaiknya kita menggunakan wadah bersih yang tertutup rapat untuk menjaga kualitas kurma.

                Lebih baik jika kamu menggunakan plasti kedap udara atau kotak plastic. Sebaiknya hindari kemasan kardus masuk ke dalam lemari es. Kita juga bisa menyimpan kurma di suhu ruang dalam wadah tertutup untuk menjaga kebersihan kurma.

  • MASUKKAN KE LEMARI PENDINGIN

                Kurma sebetulnya bisa bertahan cukup lama di suhu ruangan, apalagi untuk kurma jenis kering.. kurma kering bisa disimpan dalam suhu ruangan dengan kondisi tertutup dan bertahan 3-6 bulan.

                Sementara jika disimpan di lemari pendingin, kurma jenis kering bisa bertahan sampai lebih dari satu tahun. Hanya saja, dengan kita menyimpan kurma di lemari pendingin akan mempengaruhi tekstur kurma yang akan menjadi lebih keras.

                Sedangkan kurma jenis basah, memang tidak kuat berada lama di suhu ruang dan disarankan disimpan kurma dalam chiller atau bahkan freezer.

                Kurma basah bisa disimpan dalam freezer selama 6 bulan. Jika di chiller bisa bertahan hingga 1 bulan. Sedangkan jika disimpan di suhu ruang, kurma jenis basah bisa berjamur hanya dalam waktu 3 hari an.

Sekian informasi mengenai cara menyimpan kurma agar awet dan terhindar dari jamur maupun kutu. Semoga bermanfaat 😊 ingin mendapatkan kurma terbaik? Silakan kunjungi outlet Lawang Agung atau kunjungi laman www.lawangagung.com