You are currently viewing 7 CARA ALAMI MEREDAKAN BATUK BERDAHAK YANG PALING EFEKTIF

7 CARA ALAMI MEREDAKAN BATUK BERDAHAK YANG PALING EFEKTIF

Pernahkah anda mengalami batuk berdahak yang tak kunjung membaik ?

Batuk berdahak sendiri terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Pada batuk berdahak, sebenarnya batuk ini bertujuan mendorong lendir dari sistem pernapasan, sehingga pengidapnya bisa bernapas lebih mudah.

Batuk sendiri merupakan respon tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Meski begitu, batuk juga menandakan adanya gejala dari penyakit tertentu.

Baik batuk berdahak ataupun batuk kering, sama-sama membuat pengidapnya terganggu ketika menjalani aktivitas sehari-hari, batuk membuat otot di sekitar dada terasa nyeri dan tenggorokan terasa kering dan perih. Terlebih bagi seseorang yang memiliki alergi, sinusitis dan ashma bisa mengalami batuk saat penyakitnya kambuh.

 Nah, pertanyaannya adalah BAGAIMANA CARA MENGATASI BATUK BERDAHAK SECARA AMAN & ALAMI ? Simak informasi selengkapnya di bawah ini yaa..

  1. MENCUKUPI KEBUTUHAN CAIRAN DALAM TUBUH
    Menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh agar tercukupi dengan baik merupakan satu hal yg penting , terutama saat anda mengalami batuk dan influenza disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih terutama dalam kondisi hangat .

Menurut studi klinis yang dilakukan Cardiff Univeristy pada jurnal Rhinology memaparkan bahwa :

“ Cairan hangat bisa membantu melegakan tenggorokan dan mengencerkan lendir yang mengental sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Ketika dahak tak lagi menyumbat saluran napas, batuk pun akan berkurang dan Anda bisa bernapas dengan lebih lega “

2. MENGKONSUMSI MINUMAN HERBAL ALAMI

Beberapa minuman herbal alami yang bisa kreasikan untuk menghilangkan batuk, antara lain teh madu dan irisan lemon. Ke 3 Bahan ini juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan melegakan tenggorokan.

Dalam penelitian jurnal Family Physicians of Canada,  madu diketahui efektif menyembuhkan batuk pada anak-anak jika dikonsumsi secara rutin selama batuk .

Berikut resep HERBAL ALAMI UNTUK MEREDAKAN BATUK BERDAHAK yg praktis dan alami .

Bahan – Bahan :

3 lembar batang serai cuci bersih dan Rajang

Jeruknipis / lemon local 1-2 iris

Madu 1-2 sendok makan

Air 300 Ml

Cara Membuat :

Masak air dan serai hingga mendidih , angkat dan saring

Setelah hangat masukkan perasan jeruk nipis / lemon local beserta madu

Minum selagi hangat

3. MENGKONSUMSI ASUPAN KAYA NUTRISI SEPERTI BUAH KURMA

Tahukah anda, kurma merupakan buah yg kaya manfaat dan memiliki nutrisi lengkap yg baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan imunitas tubuh dari ancaman virus dan penyebab alergi yg berbahaya . Berikut Fakta menarik mengenai nutrisi dari buah kurma :

Kandungan 1 buah kurma segar = 15 NUTRISI LENGKAP

(karbohidrat, serat ,zat besi, karbohidrat,fruktosa & glukosa, energi, lemak,asam folat, kalsium,magnesium,mineral ,vitaminA, protein serta potassium)

Mengkonsumsi 100Gr kurma = 230 kcal/960 kJ energi

Mengkonsumsi 3×3 dalam sehari = Meningkatkan daya tahan tubuh

4. BERENDAM DENGAN AIR HANGAT

Cara ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan mengkonsumsi minuman hangat untuk menghilangkan batuk berdahak .

Uap yang dihasilkan dari air hangat yang Anda hirup, bisa membantu melonggarkan sekresi yang menghasilkan lendir di hidung hingga ke tenggorokan sehingga batuk semakin berkurang.

Mandi air hangat bisa menjadi cara mengatasi batuk yang tidak hanya disebabkan oleh alergi. Banyak yang percaya mandi tidak diperbolehkan jika selama batuk Anda juga mengalami demam mengiggil.  Padahal membersihkan tubuh tetap penting untuk kesehatan Anda.

Salah satu solusi menyembuhkan batuk yang disertai demam, Anda bisa menggunakanlah lap yang direndam air hangat untuk membersihkan tubuh.

5. BERKUMUR DENGAN LARUTAN AIR GARAM

Larutan air garam dapat menjadi obat alami untuk batuk berdahak , karena ia dapat membantu mengencerkan dahak yang menggumpal di belakang tenggorokan, berkumur dengan air garam dapat membersihkan bakteri dan zat alergen yang menempel di dalam mulut.

Anda hanya membutuhkan 1/2 sendok garam yang dilarutkan ke dalam air hangat. Berkumurlah selama beberapa menit dan dilakukan secara rutin (3-4 kali dalam sehari) selama gejala berlangsung.

Tetap berhati-hati ketika berkumur dengan air garam, jangan sampai larutan garam tertelan karena hal tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda .

6. MENJAGA POLA ISTIRAHAT & KEBERSIHAN RUANGAN

Cara menyembuhkan batuk yang paling baik yaitu dengan menjaga bahkan menambah waktu istirahat anda . hal ini dapat membantu metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik .

Dengan begitu, daya tahan tubuh anda bisa lebih optimal menghentikan penyakit penyebab batuk berdahak .

Menjaga kebersihan lingkungan serta kebersihan udara juga sangatlah penting , Udara yang kering dan kotor bisa bisa memicu terjadinya alergi salah satunya adalah batuk.

Anda bisa menggunakan humidifier untuk menjaga udara di dalam ruangan tetap lembap sekaligus menjernihkan sirkulasi udara dari partikel kotor, debu, dan kuman penyakit penyebab batuk.

7. MENGURANGI RUTINITAS MEROKOK

Selain udara yang kering, asap rokok juga bisa memicu produksi lendir lebih banyak. Akibatnya, batuk menjadi lebih parah.

Cara terbaik dan cepat menyembuhkan batuk adalah dengan berhenti merokok. Selain itu, salah satu merokok dapat merusak jaringan silia yang berfungsi membersihkan dinding paru dari kotoran dan lendir.  Inilah mengapa perokok aktif biasanya mengalami gejala batuk yang berkepanjangan dibandingkan dengan non-perokok.

Itulah 7 CARA ALAMI MEREDAKAN BATUK BERDAHAK YANG PALING EFEKTIF  yg bisa anda terapkan dirumah , konsumsilah makanan yg kaya manfaat untuk kesehatan tubuh anda seperti buah kurma agar imunitas tubuh semakin kuat , segera konsultasikan ke dokter apabila batuk belum juga membaik di atas 3 minggu .

Semoga Bermanfaat..

Dapatkan beragam produk KURMA PREMIUM & MADU MURNI untuk nutrisi kesehatan keluarga tercinta melalui :

Website @ www.pusatkurma.com

Fb & Ig @ Lawangagung_pusatkurma

No CS Lawang Agung

  • LAWANG AGUNG NYAMPLUNGAN
    • Jl Nyamplungan No 75 Surabaya
    • 0822-5723-7231
  • LAWANG AGUNG GAYUNGSARI
    • Jl Gayungsari Barat X/45 Surabaya
    • 0821-3939-5290
  • LAWANG AGUNG SIDOARJO
    • Jl Mojopahit No 11 Sidoarjo
    • 0821-3909-1395
  • LAWANG AGUNG MALANG
    • Jl Soekarno Hatta No 45 Malang