5 TIPS SUKSES MENJADI ORANG TUA HEBAT UNTUK ANAK

5 TIPS SUKSES MENJADI ORANG TUA HEBAT UNTUK ANAK

Keluarga Cemara , Merupakan sebuah ilustrasi yg menunjukkan sebuah keutuhan keluarga dalam naungan kebahagiaan dan ridho Allah Swt, keluarga cemara yg sakinah mawaddah wa rahmah tentu akan selalu dirindukan dan idam idamkan oleh setiap keluarga..

Lalu adakah persayaratan khusus untuk menjadi keluarga cemara ?

Tentu definisi keluarga cemara bagi setiap orang mungkin berbeda, namun rumus awal yg harus ditanamkan adalah kekuatan pondasi dari keluarga tersebut, terutama peran ayah dan bunda yg sholeh dan sholehah dan taat pada ajaran islam untuk kemudian membangun sebuah keluarga yg bahagia di dunia till Jannah .

“Keshalihan orang tua merupakan pondasi besar dalam proses pendidikan buah hatinya, Peran orang tua sangat berpengaruh terhadap anak anaknya, Keshalihannya akan membantu keshalihan buah hatinya , Dan ketidak shalihannya akan menjadi pengganjal keshalihan buah hatinya .

Buah hati memiliki pengintai yg akan terus merekam setiap moment dan pengaruh yg diberikan oleh orang tua, dan rekaman – rekaman itulah bagian proses pembentukan buah hati” .

Yuk sama sama kita belajar untuk terus menjadi Ayah dan Bunda yg sholeh sholehah & Hebat Serta menjadi panutan bagi buah hati kita dalam meraih definisi Keluarga Cemara Bahagia yg di ridhoi oleh Allah SWT .

APA SAJA 5 TIPS SUKSES MENJADI ORANG TUA HEBAT UNTUK KELUARGA ANDA ?

  1. MENANAMKAN AQIDAH ISLAM

Aqidah islam yg terpatri dalam setiap pribadi seseorang harus ditanamkan sejak dini  ,  bahkan sebelum memulai sebuah mahligai pernikahan calon ayah & bunda harus meluruskan niat dan tujuan dalam membangun pernikahan atas ridho Allah agar suatu saat tidak tersesat dalam jalan yg tidak sesuai dengan syariat islam .

Menjalani kehidupan sebagai sebuah keluarga tentu sealamanya akan  berjalan mudah ,akan banyak berbagai ujian dari allah sebagai bentuk kasih sayang dari allah untuk meningkatkan derajat kita .

Peran orang tua dalam menanamkan keteguhan aqidah dalam keluarga akan sangat dibutuhkan peranan nya terutama bagi si buah hati yg nantinya akan belajar segala aspek pendidikan yg dimulai dari menauladani kedua orang tua dan lingkup keluarga kecilnya . mulai dari pendidikan karakter, mental hingga penanaman aqidah islam sebagai kompas dalam menjalani kehidupan di dunia hingga akhirat kelak diatas ajaran Al qur’an, Hadits dan Tauladan Rasulullah SAW .

  • MENJADI TAULADAN YG INSPIRATIF

Orang tua yg sholeh dan sholehah akan menjadi cinta pertama bagi anak bahkan menjadi sosok inspiratif dan sumber semangat bagi dirinya .

Orang tua memang bukanlah sosok yg sempurna, namun yuk sama sama kita terus belajar menyempurnakan akhlak dan cara kita dalam mendidik buah hati, mencontohkan kebaikan serta sikap saling memahami, menghormati dan menyayangi satu sama lain , karena keluarga adalah satu unit yg akan selalu saling menguatkan dan membutuhkan satu sama lainnya .

“ Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya “

Merupakan satu peribahasa klise namun benar adanya, salah satunya akan terlihat bagaimana karakter dan sikap sang anak yg tidak jauh dari orang tua karena ia yg menjadikan orang tua sebagai tauladan utamanya dirumah .

Oleh karenanya, peran orang tua sangat penting dalam mentauladankan sikap, pendidikan hingga sikap parenting yg tepat akan melahirkan sosok buah hati berakhlakul karimah .

  • MENJADI ORANG TUA YG MAU MENDENGARKAN
Anak dan Orang Tua (Img : The Asian Parent

Hakikatnya ternyata bukan hanya orang tua yg ingin didengarkan oleh anak, namun seorang anak juga memiliki hak nya untuk didengar oleh orang tuanya .. Baik dari hal hal kecil hingga saat ia ingin mengungkapkan ide atau sudut pandang nya yg lain .

Pernah mendengar atau merasakan “ Kok anakku ndak nurut ya sama orang tua??”

Yukk ayah &bunda coba kita flashback kembali, sudahkah kita mendengar, menaruh perhatian, dan memahami sudut pandang anak ? Anak bisa jadi memiliki sudut pandang yg berbeda akan pemikiran orang tua . Anak anak mungkin melakukan kesalahan, Jika sudut pandangnya salah maka Berilah anak pemahaman dengan cara yg baik dan menenangkan .

Sikap mau mendengarkan pemikiran anak ternyata akan membawa dampak positif dalam sebuah keluarga, yaitu :

  • Menciptakan Komunikasi Keluarga yg Terbuka
  • Melatih Kesabaran Orang Tua & Anak
  • Menjadikan Anak Lebih Penurut , karena orang tua mau mendengarkan pemikiran atau sudut pandangnya
  • Menciptakan Rasa Saling Menghargai Antar Keluarga
  • Menumbuhkan Rasa Saling Menghomati Antar Keluarga
  • Menumbuhkan Sikap Menghormati Pendapat Orang Lain
  • MENJADI ORANG TUA YG PENUH PERHATIAN

Orang tua yg sholeh sholehah akan selalu sabar dalam mengajarkan banyak Sikap maupun kebaikan yg berlandaskan ajaran islam kepada anak anaknya, hal ini akan menjadi naungan yg penuh kenyamanan dan kedamaian bagi anak .

Saat seorang anak sangat nyaman dekat dengan kedua orang tuanya, maka semakin intens pula komunikasi antara keduanya , lebih terbuka dalam membahas berbagai persoalan yg ada termasuk persoalan pribadi .

Anak sangat suka jika pemikirannya, hobby nya,cita citanya yg ia sukai juga diapresiasi oleh kedua orang tuanya, maka jadilah orang tua yg bijak dalam menghadapinya , Bertukar pendapat atau melakukan Diskusi ringan yg menyenangkan dan penuh solusi akan sangat disukai oleh anak tanpa merasa terintimidasi .

  • MENJADI ORANG TUA YG MENYENANGKAN

Menjadi orang tua yg menyenangkan tentu bisa dimulai dari berbagai hal, salah satunya adalah meluangkan waktu bersama keluarga atau melakukan kegiatan diluar rumah yg bisa meningkatkan & merefresh mood anak serta orang tua .

Hal bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, Diantaranya :

  • Kegiatan Piknik
  • Berkebun
  • Pergi ke tempat wisata
  • Melihat bioskop bersama
  • Makan bersama keluarga
  • Memancing bersama
  • Menemani anak melakukan hobi yg ia suka seperti bermain futsal, berenang, memasak atau bernyanyi
  • Melihat pertunjukkan sekolahnya
  • Dan masih banyak yg lainnya

Masya Allah tentunya aka nada berbagai hal hal sederhana lainnya yg bisa kita lakukan dalam membangun keluarga cemara yg bahagia dan diridhoi oleh Allah , Jadilah Orang tua & Keluraga hebat sesuai versi anda .

Memang tidak mudah menjadi orang tua namun Percayalah pahala dan kebaikan menanti kita kelak di Surga nya jika kita tulus dalam menjalankan ibadah terpanjang ini.. Jangan patah semangat untuk ayah & bunda !

Semoga Bermanfaat..

Img : Siedoo (online)

Tinggalkan Balasan