You are currently viewing 5 TIPS SOLUTIF AGAR ANAK TIDAK STRESS BELAJAR DI RUMAH

5 TIPS SOLUTIF AGAR ANAK TIDAK STRESS BELAJAR DI RUMAH

Beberapa peraturan telah dicanangkan oleh pemerintah demi menekan angka penyebaran virus Covid – 19 di Indonesia , salah satunya adalah system pembelajaran siswa berbagai tingkat yg dialihkan menjadi pembelajaran online dari rumah atau BDR ( Belajar dari rumah ) .

Belajar di Rumah (Img : Tirto)

Namun fakta yg terjadi di lapangan adalah banyaknya keluhan dari para siswa hingga orang tua mengenai dampak yg mereka rasakan ketika harus menjalani Pembelajaran Normal Baru yg dilakukan dari rumah .

Mulai dari tidak meratanya pengelolaan dana dari pemerintah terkait dana bantuan berupa pulsa, tidak meratanya akses internet di beberapa daerah hingga memunculkan Stress bagi siswa dan orang tua karena banyaknya tugas dari sekolah hingga tingkat kejenuhan ketika masyarakat harus tetap mematuhi peraturan bahwa segala aktivitas harus tetap dilakukan dari rumah .

Tentu adaptasi terhadap hal ini perlu dibangun , salah satunya adalah pengelolaan stress yg dirasakan oleh para siswa ketika harus belajar dari rumah .

APA SAJA TIPS AGAR ANAK TIDAK STRESS BELAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI CORONA ??

Simak informasi selengkapnya di bawah ini yaa..

  1. BANGUN KOMUNIKASI

Komunikasi merupakan salah satu kunci penting dalam menghadapi situasi ini, ketika orang tua harus memahami perasaan anak mengahdapi situasi belajar yg 180 derajat berbeda sejak terjadinya pandemic corona .

Tidak dipungkiri bahwa anak terkadang merasa bosan ,  jenuh dengan pembelajaran dari rumah begitu juga orang tua yg mungkin tidak selalu mampu mengontrol emosi dalam situasi tersebut .

Maka bangunlah komunikasi, ketika anak merasa bosan berikan pemahaman yg baik dan lembut kepada mereka , ketika mereka sulit memahami sesuatu maka berikan step by step pembelajaran yg lebih mudah tentunya sesuai dengan kurikulum pembelajaran , maka komunikasi orang tua dengan guru pembimbing dalam hal ini juga sangat diperlukan .

Tugas yg menumpuk dari sekolah membuat anak merasa bingung dan jenuh, maka mulai atur jadwal harian yg akan memudahkan anak dalam mengerjakan tugas hariannya .

Memisahkan jadwal belajar, makan dan istirahat membuat anak seklaigus orang tua memiliki kelonggaran dalam menghadapi kesibukan belajar selama dirumah .

Serta memprioritaskan beberapa tugas harian yg harus diselesaikan terlebih dahulu , sehingga beban yg dirasakan oleh anak bisa diolah dan menjadi lebih terstruktur .

Pasti ayah bunda dan buah hati pernah mengalami situasi seperti ini, tidak terkontrol nya emosi yg secara tidak sadar membuat kondisi belajar dirumah semakin tidak kondusif .

Ada beberapa hal sederhana yg bisa dilakukan untuk mengolah emosi atau mood negative ,Di antaranya :

  • Menenangkan Diri

Saat sedang emosi maka luangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri , ambil nafas panjang dan menghembuskan nya akan membantu mengeluarkan emosi negative , jangan lupa untuk berdzikir untuk menghilangkan godaan jin yg ingin melarutkan kita dalam emosi .

  • Makan atau minum sesuatu yg menjadi favorit dan mood boster anak atau orang tua
  • Ketika buah  hati emosi biasanya dengan berteriak atau menangis, maka jangan segan untuk memeluk dan menenangkan nya
  • Hentikan anak ketika emosinya sudah sampai merusak atau membanting barang barang di sekitarnya
  • Pastikan anak dan orang tua memiliki jam istirahat yg cukup
  • Berolahraga bersama di pagi hari secara rutin
  • CIPTAKAN KONDISI BELAJAR YG MENYENANGKAN

Situasi belajar yg menyenangkan akan membuat anak merasa tidak terbeban dengan tugas sekolah yg ia miliki .

Belajar sambil bermain, bermain sambil mendengarkan lagu edukatif yg ia suka, membangun situasi pembelajaran yg humoris akan memberikan mood booster positive bagi anak dan orang tua ketika belajar dari rumah .

Intensitas kebersamaan orang tua dan anak tentu akan memberikan jalinan kekeluargaan yg lebih kuat, hal ini juga memudahkan orang tua dalam mengetahui apapun yg anak rasakan , atau hal hal baru yg ia pelajari terutama dalam tekonologi digital dan social media yg tentu membawa banyak dampak baru baginya baik dampak positif maupun negative yg bisa kita cegah sejak dini .

  • CUKUPI KEBUTUHAN NUTRISI

Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh di masa masa seperti ini tentu sangat penting, kecukupan nutrisi dalam tubuh akan membantu anak lebih siap dalam belajar, membantu proses tumbuh kembangnya menjadi lebih maksimal .

Ditengah masa pandemic , kekuatan imunitas tubuh juga sangat dibutuhkan ,maka mulai untuk merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi .

Salah satunya yakni mengkonsumsi buah kurma dengan segudang nutrisi dan manfaat yg ia miliki untuk meningkatkan kekabalan tubuh hingga meningkatkan daya kerja otak .

Kandungan 1 buahkurmasegar  – 15 NUTRISI LENGKAP

(karbohidrat, serat ,zatbesi, karbohidrat,fruktosa&glukosa, energi, lemak,asamfolat, kalsium,magnesium,mineral ,vitaminA, protein serta potassium)

Itulah beberapa tips mencegah anak stress ketika belajar dari rumah , situasi yg kondusif dan kondisi tubuh yg sehat akan membuat suasana belajar  menjadi lebih baik dan menghindarkan kita dari bahaya stress .

Semoga bermanfaat ya sahabat..

img : edukasi Kompas

Tinggalkan Balasan