5 TIPS INSPIRASI AGAR ANAK TIDAK KECANDUAN GADGET

5 TIPS INSPIRASI AGAR ANAK TIDAK KECANDUAN GADGET

Problema seputar kecanduan gadget masih menjadi perbincangan hangat dan sangat penting terutama untuk para Orang tua  dirumah yg mulai resah dengan kebiasaan kebiasaan baru atau perilaku yg mulai muncul pada si buah hati akibat pengaruh negative yg disebabkan oleh gadget.

Kondisi ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orangtua di rumah, Apalagi kecanduan gadget diketahui dapat berdampak kurang baik pada tumbuh kembang  anak . Untuk itu, anak-anak memang sebaiknya tidak dibiarkan terpapar gadget / gawai secara berlebihan agar tidak mengganggu perkembangannya baik dari segi kesehatan fisik hingga mentalnya .

Mungkin sebagian dari Orang tua dirumah , pernah merasakan permasalahan yg sama seperti di bawah ini ?

  1. Buah hati sulit mendengarkan perkataan orang tua
  2. Perilaku buah hati yg cenderung individualis
  3. Emosi buah hati yg sulit ter control

Dan masih banyak problema yg lainnya yg membuat hati orang tua semakin resah, Lalu bagaimana solusi yg tepat untuk permasalahan di atas ?

Yuk sama sama kita belajar mengenai TIPS AGAR ANAK TIDAK KECANDUAN GAGDET :

  1. BERIKAN TAULADAN YG BAIK

Tauladan yg dimaksud dibawah ini adalah bagaimana orang tua dirumah dapat memberikan contoh yg baik kepada buah hati, saat buah hati melihat orang tua sibuk bermain gadget maka di momen itulah sang anak melihat dan mulai meniru kebiasaan orang tuanya tersebut .

Maka jangan hanya melarang anak untuk tidak bermain gadget namun kita masih saja berinteraksi dengan gadget/gawai masing masing bahkan dalam jangka waktu yg lama di hadapan buah hati kita .

  1. BANGUN KOMUNIKASI DENGAN BUAH HATI

Saat ayah dan bunda mulai resah dari kebiasaan buah hati karena pengaruh gadget dan bermaksud untuk membatasi hal tersebut, maka lakukanlah komunikasi yg baik dan benar .

Komunikasi yg baik merupakan satu kunci yg besar dalam memberikan pemahaman kepada buah hati kita, jangan sampai buah hati merasa selama ini orang tuanya bersikap acuh saja ketika ia bermain gawai, namun mengapa tiba tiba sekarang harus dibatasi ? tentu hal ini sangat tidak fair bagi mereka .

Namun berikan kepada mereka pemahaman secara perlahan mengenai dampak negative dari gadget diantaranya bahaya seputar beredarnya konten konten hoax , konten negative hingga bullying yg akan mempengaruhi perkembangan mental mereka sejak dini .

  1. DAMPINGI ANAK KETIKA MENGGUNAKAN GADGET

Mendampingi disini memiliki tujuan agara orang tua mengetahui apa saja konten yg dilihat oleh buah hati dan mengetahui apa tujuan mereka memakai gadget tersebut .

Untuk permulaan jangan sampai anak merasa tidak nyaman ya bunda, setidaknya kita telah mengetahui link apa saja yg biasanya mereka cari,dan mulai membangun obrolan yg komunikatif dengan anak mengenai hal hal yg positif dari penggunaan gadget yg tepat, seperti menjadi salah satu sumber ilmu pengetahuan serta bahaya nya ketika menggunakan gawai secara berlebihan dari segi kesehatan mata dan yg lainnya .

  1. BATASI PENGGUNAAN GADGET

Membatasi penggunaan gadget pada buah hati bisa dilakukan secara bertahap, anda bisa mulai memberikan penjadwalan dalam pemakaian gawai seperti :

  1. Pemakaian gadjet hanya pada saat jam home schooling
  2. Pemakaian gadget 1 jam untuk bermain game

Serta cara lainnya , yg bisa disesuaikan dengan situasi atau kebutuhan anak anak ya bunda . Hal tersebut bisa membantu anak agar tidak semakin jauh terpapar dampak negative yg dibawa oleh gadget di jaman digital seperti ini .

  • ISI WAKTU LUANG DENGAN AKTIVITAS YG MENYENANGKAN

Bukan hanya melarang atau membatasi penggunaan gadget, namun berikan pada anak opsi lain seperti melakukan aktivitas yg seru dan menyenangkan untuk mereka daripada hanya menghabiskan waktu dengan gawai /gadget , Diantaranya :

  1. Berkebun
  2. Memancing
  3. Memasak makanan favoritnya
  4. Bermain bersama teman temannya
  5. Bermain di taman

Dan masih banyak lagi cara lainnya yg membantu anak untuk memiliki intensitas untuk berinteraksi sosial dengan orang lain .

Tentu akan dibutuhkan kesabaran ektra dalam melakukan hal tersebut, namun jangan patah semangat untuk ayah dan bunda, dalam mencontohkan kebiasaan yg baik, membangun dan menjadikan buah hati sebagai buah hati yg Cerdas dan tidak kecanduan gadget secara berlebihan .

 Semoga bermanfaat yaa..

Img : https://gizmologi.id/

Tinggalkan Balasan