5 CARA CEPAT MENGENDALIKAN EMOSI SAAT MARAH
img : google.com

5 CARA CEPAT MENGENDALIKAN EMOSI SAAT MARAH

Emosi merupakan bentuk perasaan manusia yg ditimbulkan oleh suasana hati yg dirasakannya , mulai dari perasaan  senang , sedih hingga penuh amarah . Emosi yg dimiliki oleh manusia memiliki bentuk yg berbeda beda dan memiliki dampak yg berbeda pula bagi individu itu sendiri maupun lingkungan sekitarnya  .

Emosi bisa berdampak positif apabila emosi yg kita keluarkan membuat orang lain juga merasakan kebahagiaan yg kita rasakan atau berdampak negative jika emosi yg kita keluarkan justru merugikan orang lain salah satunya karena amarah yg berlebihan .

Tentu kita tidak mau jika orang lain malah menjauhi kita dikarenakan oleh emosi yg tidak terkontrol dan menyakiti perasaan nya  , sangat penting bagi kita agar dapat mengekspresikan emosi dengan tepat .

Lalu bagaimana Tips dalam mengendalikan emosi agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain ??

Mari kita kulik informasi selengkapnya melalui penjelasan di bawah ini ya ..

  1. MENGUBAH SUDUT PANDANG NEGATIF MENJADI LEBIH POSITIF

Situasi yg menyudutkan atau tidak menyenangkan pada seseorang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja , tentu dalam meghadapi hal tersebut dibutuhkan cara berfikir yg tenang dan dan positif agar emosi dapat lebih terkendali .

Anda bisa memulai untuk bernafas panjang dan mengeluarkannya perlahan lahan hal tsb bisa anda lakukan selama beberapa kali ya , dilanjutkan dengan meminta pertolongan kepada Allah SWT agar allah melindungi kita dari pengaruh setan yg senang menjerumuskan manusia kepada emosi yg berlebihan , salah satunya dengan membawa Ta’awudz , Rasulullah SAW Bersabda :

“Sungguh aku mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: “A’uudzu billahi minas syaithanir rajiim,” marahnya akan hilang”

(HR. Bukhari dan Muslim)

Tunggu beberapa saat untuk kembali dalam situasi tenang kembali , agar kita dapat lebih legowo dan berfikir positif dalam menerima situasi tersebut dengan menyerahkan nya kepada Allah  SWT . Karena pada hakikatnya , bersabar dan bertawakkal di atas situasi paling tidak menyenangkan itu lebih baik daripada mengeluarkan emosi yg berlebihan .

  • HINDARI SESUATU YG  DAPAT MEMICU MUNCULNYA  EMOSI NEGATIF

Ketika sedang emosi , dianjurkan untuk menghindari sesuatu yg membuat anda semakin merasakan emosi negative tersebut , hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara , Diantaranya :

  • Diam & Menenangkan Fikiran

Diam merupakan pilihan yg lebih baik dibandingkan harus melampiaskan amarah dengan perkataan yg kasar dan dapat melukai perasaaan orang lain walau tanpa kita sengaja sekalipun , dalam suatu hadist disebutkan :

Dari Ibnu Abbas Ra, Rasulullah Saw bersabda :
“Jika kalian marah, diamlah”

(HR. Ahmad)

  • Berwudhu

Sesungguhnya amarah dan emosi itu merupakan perangai setan dalam mempengaruhi manusia agar berselisih paham dengan orang lain , maka dari itu kita bisa berwudhu untuk memutus tali pengaruh tersebut , Rasulullah SAW Bersabda :


“Sesungguhnya marah itu dari syaitan, dan syaitan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu”

(HR. Ahmad dan Abu Daud)

  • MEMAAFKAN KEADAAN  

Tahukah anda ? bukan hanya kesehatan fisik yg harus dijaga dan dikontrol namun kesehatan jiwa juga perlu diperhatikan , ketika seseorang dapat mengendalikan emosi yg ia rasakan agar tidak berdampak negative pada diri nya sendiri maupun orang lain maka dapat dikatakan ia sehat secara emosional .

Memaafkan merupakan salah satu hal terindah dalam kehidupan , Ketika seseorang mampu memaafkan keadaan bahkan yg paling terburuk dalam hidupnya , maka ia merupakan salah satu manusia yg memiliki kelebihan istimewa dari yg lainnya , dalam islam juga dianjurkan bagi kita untuk mengendalikan emosi atau amarah dan mengutamakan untuk bersabar dalam menghadapi berbagai situasi yg sulit karena hal tersebut memiliki lebih banyak keutamaan .

Dalam suatu hadist ,  Rasulullah  Saw bersabda :

“ Janganlah marah , maka bagimu surga “

( HR. Thabrani )

“Siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu meluapkannya, maka dia akan Allah panggil di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat, sampai Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia kehendaki ”

(HR. Abu Daud & Turmudzi)

  • MELAKUKAN HAL HAL POSITIF

Melakukan hal positif dan menyenangkan meruapakan salah satu cara untuk mengendalikan emosi dalam diri kita , beberapa hal yg bisa anda lakukan diantaranya :

  • Melakukan Hobi Kesukaan

Anda bisa melakukan hobi atau kegemaran anda untuk mengalihkan emosi menjadi energy yg lebih positif , mulai dari membaca buku , menjahit , memasak maupun hal hal positif yg lainnya .

  • Berolahraga

Olahraga selain menjadi metode pengendalian emosi yg baik juga memiliki manfaat yg besar untuk kesehatan, seperti Yoga , bersepeda , berenang , bermain bulutangkis maupun jenis olahraga yg lainnya .

  • Berbagi Kisah dengan Orang Terdekat

Ketika sedang sedih , berbagi kisah kepada orang terdekat bisa menjadi alternative agar anda tidak semakin larut pada emosi negative yg anda rasakan , orang terdekat akan memberikan anda saran, masukan dan kekuatan baru agar lebih siap menghadapi keadaan .

  • TERSENYUMLAH & PERBANYAK IBADAH

Tersenyum dapat  meningkatkan energy positif dalam diri seseorang , tersenyum merupakan satu hal sederhana yg memiliki banyak keutamaan dan kebaikan baik untuk diri sendiri juga orang lain , dalam suatu hadist disebutkan :

“ Senyum manismu terhadap saudaramu adalah shadaqah “

( HR. Tirmidzi )

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri”

(HR. Muslim )

Jangan lelah untuk terus berdoa dan bertawakkal kepada Allah Swt , ketika allah menguji hambanya hakikatnya allah ingin menaikkan derajat kita , memperbanyak ibadah seperti sholat malam , memperbanyak al qur’an , memperbanyak dzikir  dan bertaubat kepada Allah swt jauh lebih menenangkan hati daripada melampiaskan emosi dengan berlebihan .

Cobalah 5 tips diatas untuk mengendalikan emosi negative dalam diri ,  agar jiwa raga semakin sehat secara fisik dan emosional , Semoga bermanfaat ..

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan