You are currently viewing 5 AMALAN ISTIMEWA MENYAMBUT BULAN RAMADHAN MULIA

5 AMALAN ISTIMEWA MENYAMBUT BULAN RAMADHAN MULIA

Bulan ramadhan akan segera tiba , betapa bahagianya menyambut bulan penuh berkah . Kegembiraan menyambut bulan ramadhan merupakan bentuk ucapan syukur dimana di dalam bulan yg istimewa ini terdapat banyak kemuliaan , keberkahan dan dilipat ganda kannya segala amal kebaikan .

IBNU RAJAB AL HAMBALI Menjelaskan :

“ Bagaimana tidak gembira? seorang mukmin diberi kabar gembira dengan terbukanya pintu-pintu surga. Tertutupnya pintu-pintu neraka. Bagaimana mungkin seorang yang berakal tidak bergembira jika diberi kabar tentang sebuah waktu yang di dalamnya para setan dibelenggu. Dari sisi manakah ada suatu waktu menyamai waktu ini (Ramadhan) “

Lalu bagaimana cara terbaik menyambut bulan ramadhan bagi kita semuanya ?  masa pandemic tidak menjadi batasan untuk terus memperbanyak amal sholeh dan kebaikan . Simak informasi selengkap nya untuk mengetahui  BERAGAM AMALAN KEBAIKAN MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN di bawah ini :

  1. MELURUSKAN NIAT HATI DALAM MENYAMBUT RAMADHAN

Menyambut bulan ramadhan dengan kegembiraan merupakan salah satu bentuk keimanan , maka kita juga wajib mempersiapkan diri dan hati yg lurus , ikhlas dan penuh semangat dalam menggapai keutamaan keutaman di bulan ramadhan yg mulia . Keistimewaan bulan ramadhan juga disebutkan dalam satu hadist :

“Barang siapa yang berpuasa Romadhon karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni baginya dosa dosa yang telah lalu” ( HR. Al Bukhori 2014 dan Muslim 760 )

2. MEMPERBANYAK AMAL SHOLEH & KEBAIKAN

Memperbanyak amal sholih atau amal kebaikan akan melatih kita agar menjadi pribadi yg lebih siap dalam menyambut ramadhan , agar karakter tersebut dapat tertanam dalam kehidupan sehari hari baik dalam bulan ramadhan maupun setelahnya . Amalan tersebut bisa berupa :

  • Memperbanyak membaca Al – Qur’an
  • Bersedekah di waktu lapang dan sempit
  • Berpuasa sunnah ( Senin & Kamis )
  • Memperbanyak doa yg baik serta membca doa menyambut ramadhan yg berbunyi :

اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“ Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa”

Artinya:  “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Latha-if al-Ma’arif, 148)

  • Berbuat baik kepada orang tua , kerabat dan orang lain
  • Menghidupkan amalan amalan sunnah seperti qiyamul lail

Dan masih banyak beragam amal kebaikan yg lainnya , yg apabila semuanya diniatkan karena Allah Ta’ala akan membawa keberkahan bagi kehidupan kita  Insya Allah .

3. MENGHIDUPKAN SHOLAT MALAM

Sholat malam disini bisad diartikan sebagai sholat tahajjud, mengapa harus sholat tahajjud ?

Sholat Tahajjud merupakan salah satu sholat sunnah yg sangat istimewa , ketika seseorang melaksanakan sholat tahajjud maka ia akan mendapatkan 2 keistimewaan besar baik untuk kebaikan dunia nya juga kebaikan di akhirat kelak .

Keutamaan sholat tahajjud telah tertuang di dalam Al – Qur’an :

“ Dan pada sebagian malam hari ber-tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

(QS. Al – Israa’: 79)

Salah satu keutamaan tersebut bisa menjadi motivasi bagi anda dan keluarga untuk mulai melakukan rutinititas sholat sunnah tahajjud dirumah secara berjama’ah , terutama mengajarkan nya kepada buah hati dirumah agar semakin terbiasa melaksanakannya baik saat bulan ramadhan maupun setelahnya .

Dalam Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah oleh Ibnul Qayyim (hal. 278) , Al-‘Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan :

“Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.”

4. MELUANGKAN WAKTU UNTUK MENJALIN SILATURRAHMI

Menjalin silaturrahmi memiiliki banyak keutamaan salah satunya dapat memperpanjang umur , silaturrahmi juga bisa dijadikan sebagai momen berbagi ke pada sesama , anda bisa memulai untuk bersilaturrahmi dengan keluarga terdekat , sahabat atau kerabat lainnya , minimal menanyakan kabar via telefon atau social media .

5. MEMINTA MAAF & MEMAAFKAN SEGALA KEADAAN YG MENYULITKAN

Maafkanlah segala situasi yg menyulitkan , maafkan kesalahan sesorang yg mungkin secara tidak sengaja telah melukai kita , karena tidak ada manusia yg sempurna dan Allah lah sang maha pemaaf lagi maha penyayang . Akan lebih baik jika kita menyambut bulan ramadhan dengan hati yg bersih, ikhlas dan jauh dari perasaan dendam  demi menggapai ridho nya .

Itulah 5 AMALAN KEBAIKAN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN smoga bisa bermanfaat untuk anda .

Smoga Allah SWT Menyampaikan umur kita kepada bulan ramadhan dalam keadaan sehat dan iman yg kuat , Amiin ya rabbal alamiin..