You are currently viewing 4 TIPS SUKSES MELATIH KESABARAN ANAK SEJAK DINI

4 TIPS SUKSES MELATIH KESABARAN ANAK SEJAK DINI

Kesabaran merupakan salah satu akhlak mulia yg wajib dimiliki oleh setiap insan manusia , rasa sabar dapat dipupuk sejak dini termasuk mendidik buah hati agar terbiasa menerapkan rasa sabar dalam keseharian nya .

Pernahkah anda merasakan ?

” ketika buah hati sudah bisa membentak saudaranya , teman nya , bahkan kepada kedua orang tuanya ? atau ketika buah hati lebih mudah tersulut emosi kemudian bertengkar dengan teman sebaya nya ? dan masih banyak peristiwa emosional lainnya… ”

Sebelum terlambat , anda bisa melatih buah hati untuk bersikap sabar sejak dini dengan TIPS MELATIH KESABARAN ANAK di bawah ini yaa..

1. MEMBERIKAN BIMBINGAN KEPADA BUAH HATI

Bimbingan yg diberikan oleh orang tua merupakan pondasi penting dalam melatih buah hati menerapkan kesabaran dalam keseharian nya .

Buah hati memiliki pengintai yg akan terus merekam setiap moment dan pengaruh yg diberikan oleh orang tua, dan rekaman – rekaman itulah bagian proses pembentukan buah hati dalam menerapkan kesabaran dalam kehidupan nya .

Oleh karenanya  orang tua wajib memberikan tauladan yg baik kepada anak secara konsisten dan berkesinambungan , banyak hal yg bisa dilakukan seperti :

  • Tidak memarahi anak di depan umum
  • Tidak melampiaskan amarah di depan anak anak
  • Menjelaskan kepada anak apa saja keutamaan bersabar
  • Membiasakan diri untuk  bertutur kata yg lembut
  • Membiasakan anak untuk belajar meminta maaf
  • Melatih anak untuk saling menghargai yg lebih muda dan menghormati yg lebih tua

2. MEMBERIKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YG BAIK

Agama islam senantiasa menyerukan untuk bersikap sabar , baik ketika menghadapi ujian , musibah atau hal lain yg tidak menyenangkan . sebab ada banyak sekali keutamaan yg akan didapatkan , salah satunya yaitu Menjadi hamba yg dicintai Allah swt ..

Dalam QS . Al – Imran : 146 yg berbunyi :

Wallāhu yuḥibbuṣ-ṣābirīn “

Artinya :

“Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar “

Ustadzah Nisa , yaitu seorang Direktur Rumah Quran dan Bahasa Al-Mujtaba mengatakan :

“ Sebelum mendidik atau melatih anak supaya dirinya bisa menjadi pribadi yang sabar, tentu orang tuanya juga harus sabar saat menyikapi perilaku anak-anaknya ,

Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan memberikan pendidikan agama Islam yang baik serta memberi pengetahuan kepada anak tentang sabar yang dianjurkan dalam Al-Quran. Berikan pelajaran kisah-kisah nabi dan orang saleh tentang indahnya bersabar, serta hasil dari sebuah kesabaran “

3. MEMPERBANYAK DO’A AGAR ANAK DIBERIKAN KESABARAN

Salah satu bentuk ikhtiar yg lainnya adalah dengan memperbanyak doa kepada Allah SWT , salah satu doa yg bisa dibaca secara rutin adalah :

“ Robbanaa Afrigh ‘Alainaa Shobron wa Tsabbit Aqdaamanaa wanshurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriin “

Yg artinya:

” Wahai tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir “

4. MENGONTROL AKTIVITAS GADGET ANAK

Dunia tekonologi semakin berkembang , salah satunya yaitu dengan munculnya gadget dengan beragam aplikasi dan program gaming yg bisa menjadi candu terutama untuk buah hati .

Gadget dapat membawa dampak positif dan juga negative , gadget dapat menjadi salah satu sumber ilmu pengetahuan baru bagi anak namun efek negatifnya adalah ketika buah hati dapat melihat beragam konten secara bebas yg dapat mempengaruhi karakter psikologis anak .

Banyak anak yg mudah sekali marah, emosional dan suka membentak , salah satu faktornya adalah karena seringnya ia melihat konten dewasa seperti sinetron hingga gaming pertarungan atau perkelahian yg bisa kapan saja ia terapkan dalam dunia nyata .

Oleh karenya , orang tua juga harus bijak dalam memberikan keleluasaan bermain gadget pada anak , sesuaikan kembali dengan kebutuhan nya , ketahui konten apa saja yg ia lihat dan arahkan anak untuk dapat memanfaatkan gadget dengan baik agar tidak membawa madlarat dalam kehidupan nya .

Itulah 4 TIPS SUKSES MELATIH KESABARAN ANAK SEJAK DINI  yg bisa diterapkan oleh orang tua dirumah , smoga Allah SWT selalu memudahkan ikhtiar ayah dan bunda serta menjadikan putra dan putri kita menjadi buah hati  yg terlatih untuk bersikap sabar dalam kehidupan nya , Amiin yaa rabbal alamiin..

Semoga Bermanfaat..